Akhir April Jokowi Akan Kembali Rilis Kartu Sakti

Kartu sakti jokowiDEPOKPOS – Pada 27 April nanti, Pemerintah bakal merilis kartu sakti Jokowi tahap II. Kartu sakti itu terdiri dari Kartu Indonesia Sehat (KIS), Kartu Indonesia Pintar (KIP) dan Kartu Keluarga Sejahtera (KKS).

”Launching kartu sakti itu akan dilakukan oleh Presiden Jokowi,” ujar Menteri Sosial (Mensos) Khofifah Indar Parawansa, di sela Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Verifikasi dan Validasi Data Kemiskinan, di Jakarta, Selasa (14/4), dikutip Media Indonesia.

Mensos menambahkan, paling lambat Juni 2015, semua RTS sudah mendapat dana dari program jaring pengaman sosial pemerintah tersebut. Sebab, sumber dana dari dari APBN Perubahan (APBN-P) dan Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran (DIPA) baru cair akhir Maret lalu.

BACA JUGA:  Gelora Literasi 500 Siswa Sekolah di Bumi Sangkabulan

Lebih rinci Mensos menjelaskan, untuk KIS akan diberikan pada 88,2 juta orang, yang terdiri dari 86,4 juta kelompok Penerima Bantuan Iuran (PBI), 340 ribu penyandang masalah kesejahteraan sosial (PMKS), dan 500 ribu buffer atau sasaran yang sebelumnya belum terdata.

Program KIS diberikan pada masyarakat sangat miskin, miskin dan rentan. Dengan mendapat KIS, premi bulanan kepesertaan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan para pemegang kartu itu dibayari pemerintah. Untuk pemegang KIS, pemerintah mengalokasikan premi Rp19.225 per bulan.

BACA JUGA:  Tak Pandang Usia, Para Murid Perguruan Islam Al Syukro Universal Bantu Rohingya

Sedangkan KIP akan diberikan pada total 17,9 juta anak usia 6-21 tahun dari rumah tangga miskin (RTM). Rincian dari total anak yang mendapat KIP terdiri 2,4 juta anak bersekolah di lembaga pendidikan di bawah penanganan Kementerian Agama (Kemenag), 17,9 juta dari sekolah umum di bawah pengawasan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) dan 3,6 juta anak-anak yang tidak terafiliasi dengan lembaga pendidikan formal yang akan diasuh oleh Kementerian Sosial.(mi/depokpos)

Komentar

komentar