Aiko Chihira, Robot Humanoid Cantik Yang Ramah

Robot humanoid Aiko Chihira
Robot humanoid Aiko Chihira

Namanya Aiko Chihira, ia senantiasa ada di depan sebuah toko menyambut setiap tamu yang datang. Setiap kali ada pengunnjung, Aiko yang cantik ini akan menyapa dengan ramah.

Aiko adalah sebuah robot wanita yang dikembangkan Toshiba dan diperkenalkan pertama kalinya pada 2014 lalu, di pameran teknologi CEATEC di Jepang. Tak seperti robot pada umumnya, robot humanoid ini tampil sangat mirip seperti manusia sungguhan.

Warga Jepang yang ingin melihat bagaimana Aiko menjadi pramuniaga, bisa mengunjungi sebuah pusat perbelanjaan bernama Mitsukoshi Departement Store di Tokyo.

Mall ini memajang Aiko di pintu masuk, sehingga semua pengunjung bisa langsung melihatnya. Saking mirip manusia, gerak gerik Aiko terlihat sangat natural. Dia bahkan bisa melakukan gerakan alami manusia seperti mengedip dan berbicara sesuai dengan suara pesab rekaman yang dibenamkan dalam tubuhnya.

Aiko tak hanya bisa menyapa pengunjung menggunakan bahasa Jepang, tetapi juga bahasa lain seperti Inggris dan China.

“Akan sangat baik jika kami bisa menambahkannya semacam petunjuk atau memungkinkannya merekomendasikan berbagai hal dalam bahasa China misalnya. Jadi pengunjung bisa berbelanja dan berpikir, ‘Aiko bisa membantu, dia bisa berbahasa China.’ Pengembangan semacam itu yang saya harap bisa segera diwujudkan,” kata Hitoshi Tokuda, New Business Development Division Group Manager Toshiba dikutip dari situs ubergizmo.

Saat ini, robot Aiko memang hanya bisa menyapa pengunjung dan belum punya kemampuan untuk merespons pertanyaan atau keluhan konsumen. Mengingat pengembangannya terus dilakukan, ke depannya Aiko sangat mungkin bisa berlaku sebagaiman pramuniaga toko sungguhan. (mi/depokpos)

Komentar

komentar