Jet Tempur Saudi Mulai Bombardir Titik Pemberontak Houthi

DEPOKPOS – Arab Saudi dan Koalisi Arab telah mulai melancarkan operasi militer di Yaman yang menyasar pemberontak Syiah Houthi yang telah mengkudeta Yaman bulan lalu.

Adel Al-Jubair, Duta Besar Saudi untuk Amerika Serikat (AS), mengatakan pada rabu (25/3) bahwa koalisi yang terdiri dari 10 negara telah memulai serangan udara pada pukul 19.00 waktu setempat.

“Operasi ini untuk membela dan mendukung pemerintah Yaman yang sah dan mencegah kelomppok pemberontak Syiah Houthi radikal mengambil alih negara,” kata Jubair seperti dilaporkan aljazeera.

Sedikitnya 17 milisi Syiah tewas di Sanaa selama serangan malam tadi, sumber pertahanan sipil mengatakan kepada kantor berita AFP.

Laporan lainnya mengatakan bahwa Mohamed Ali Al Houthi, kepala Dewan Revolusi Houthi, telah terluka dalam serangan tersebut, namun juru bicara Mohammed Al Houthi Bukhaiti mengatakan kepada Al Jazeera bahwa rumor tersebut adalah tidak benar.

Mengutip sumber militer Saudi, Al Arabiya TV melaporkan bahwa 100 pesawat tempur Saudi terlibat dalam serangan operasi yang dijuluki Decisive Storm ini. Uni Emirat Arab dilaporkan berpartisipasi dengan 30 jet tempur, Bahrain dengan delapan jet tempur, Maroko dan Yordania masing-masing dengan enam tempur. Sudan dilaporkan menawarkan tiga pesawat perang untuk membantu operasi melawan kelompok radikal Syiah itu. (ag)

Komentar

komentar